Senin, 10 Juni 2019

Riska Lustiana


Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Microsoft Word 2010
A.      Pengertian Microsoft Word 
Microsoft Word merupakan software pengolah kata yang sering digunakan dan sangat populer pada saat ini. Secara umum Microsoft Word adalah Software untuk mengolah huruf atau kata yang biasa digunakan untuk membuat laporan, karya ilmiah dan lain sebagainya Software ini berada dalam satu paket Microssoft Office yang berisi Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Microsoft Access dan lain-lain.
B.   Pengertian dan pembagian Tabs Menu Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Perlu kalian ketahui bahwa yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah:T ab File, Home, Insert, Page Layout, References, Maillings, Review danView
C.     Fungsi pada tabs menu microsoft 2010
1.     FILE
Menu file pada microsoft 2010 yaitu untuk pengaturan file atau dokument. Beberapa sub menu yang biasanya ada diataranya adalah sebagai berikut:
a.     New : Menu ini berfungsi untuk membuat sebuah file baru.
b.     Open : Menu open berfungsi untuk membuka file yang tersimpan pada komputer.
c.      Close : Menu ini berfungsi untuk menutup tampilan file yang sdang terbuka.
d.     Save : Menu save digunakan untuk menyimpan file yang sebelumnya sudah kita simpan dengan nama yang sama pada direktori yang sama.
e.      Save As : Menu save as digunakan untuk menyimpan file dengan nama baru dan diletakan pada direktori sesuai dengan kebutuhan pengguna.
f.       Print Preview : Menu ini digunakan untuk menampilkan file sebelum dicetak.
g.     Print : Menu ini digunakan untuk mencetak file kedalam media kertas.
h.     Exit : Menu yang digunakan untuk menutup aplikasi

2.     HOME
Beberapa sub menu yang biasanya ada diataranya adalah sebagai berikut:
a.     Paste : Gunanya untuk menempelkan tulisan atau gambar atau apapun  yang sebelumnya telah kita Copy terlebih dahulu  (ctrl+v).
b.     Cut : Digunakan untuk memotong sesuatu entah itu gambar atau apapun yang akan kita potong atau ambil(ctrl+x).
c.       Font  : Digunakan untuk memilih jenis huruf yang akan kita ketik.
d.     Font size : Digunakan untuk mengukur berapa ukuran huruf yang kit Inginkan (ctrl+]). 
e.      (Bold)  : digunakan untuk menebalkan warna huruf ataupun angka sesuai yang Kita inginkan (ctrl+B).
f.       I (Italic) : digunakan untuk memiringkan huruf ataupun angka yang kita inginkan (ctrl+I).
g.     U (Underline) : Digunakan untuk membuat garis bawah pada suatu huruf dan  Angka (Ctrl+U).
h.     abc (Strikethrough) : Digunakan untuk mencoret huruf  atau angka.
i.        X(Subsript) : Digunakan untuk memangkatkan angka di bawah (Ctrl+shift+=).
j.       X(Superscript) : Digunakan untuk memangkatkan angka di atas (Ctrl+shift++).
k.     (Grow font) : digunakan untuk memperbesar huruf atau angka (ctrl+>).
l.        (Shrink Font) : Digunakan Untuk memperkecil huruf atau angka  (ctrl+<)
m.  A (text effect)                   : Digunakan untuk memberi effect atau variasi pada huruf ataupun angka.

3.     INSERT.
a.     Cover page : Digunakan untuk membuat kover seperti kover buku
b.     Blank page : digunakan untuk membuka lembaran baru pada Microsoft word
c.      Page break : Digunakan untuk langsung menuju ke halaman berikutnya (ctrl+return)
d.     Table : digunakan untuk membuat tabel
e.      Picture : digunakan untuk memberi gambar
f.       Clip art : digunakan untuk memberi clip art
g.      Shapes : digunakan untuk memberi bentuk-bentuk yang kita inginkan pada shapes
h.     Smart art : digunakan untuk memberi diagram yang lebih beragam dari pada chart
i.       Screen shoot  : memasukkan gambar yang ada di luar windows yang program belum di minimize.
j.       Hyperlink : digunakan untuk membuat link menuju halaman web, gambar, atau alamat email/program.
k.     Bookmark : penanda hal tertentu pada dokumen
l.       Header : mengganti header dalam dokumen
m.  Footer : mengganti footer dalam dokumen
n.     Page number : untuk memberikan nomor pada tiap lembar
o.     Syimbol : untuk memasukkan symbol yang tidak ada dalam keypad
4.     PAGE LAYOUT
a.     Theme : memberikan tema pada document kita
b.      Margins : untuk mengatur tepi kanan, kiri, atas, bawah pada dokumen
c.      Orientation : untuk menngatur bentuk kertas pada saat kita mengetik
d.      Size : untuk memberikan ukuran kertas
e.      Hyphenation : mengatur pemisah spasi antar huruf atau kata
f.       Watermark : untuk memberikan tulisan yang kabur pada teks ijasah
g.     Page color : untuk memberi warna pada lembar document kita
h.     Page border : untuk memberikan garis tepi pada setiap document
i.       Spacing : Spasi tiap paragraph
j.       Wrap text : Merubah tatanan obyek pada teks,bisa di belakang teks juga

5.     REFERENCES
a.     Table of contents : untuk membuat daftar isi secara otomatis
b.     Add text : untuk menambah teks pada daftar isi
c.      Update table : untuk mempebarui daftar isi
d.     Insert footnotes : untuk membuat catatan kaki
e.      Insert citation : memasukkan kutipan
f.       Insert endnote : untuk memberi catatan akhir (alt+ctrl+D)
g.     Next footnote : mengatur catatan kaki selanjutnya dalam teks
h.      Style : memilih gaya tulisan dalam kutipan
i.       Bibliography : untuk memberi daftar pustaka

6.     MAILINGS
a.     Rules : aturan tertentu untuk ditambahkan dalam mail merge

7.     REVIEW
a.       Translate : untuk menterjemahkan ke bahasa yang kita inginkan
b.      Language : pilihan bahasa
c.       New comment  : tambahkan komentar tentang yang dipilih
d.      Delete : untuk menghapus komentar
e.       Previous : melihat komentar yang sebelumnya
f.       Next : melihat komentar yang setelahnya

8.     VIEW        
a.     Print layout : melihat kertas kerja yang akan di print
b.     Full screen : melihat kertas kerja secara keseluruhan
c.      Web layout : melihat dokumen yang di unduh dari website
d.     Ruler : untuk mengukut obyek document yang kita ketik
e.      Navigation pane  : untuk membantu kita melihat dokument
f.       Zoom : untuk melihat lebih besar document yang kita ketik
g.     100%  : untuk melihat document dalam ukuran 100%


Tidak ada komentar:

Posting Komentar