Senin, 10 Juni 2019

Riska Lustiana


Membuat Dan Memodifikasi Table Serta Menggunakan Rumus Sederhana Di Microsoft Word 2010
A.   Cara Membuat Tabel
1.     Tempatkan kursor teks di mana Anda hendak menambahkan tabel. Kursor teks ini berbentuk garis yang berkedip di lembar Word Anda.
2.     Lalu, pilih tab Insert pada menu insert, kemudian klik “Table” 
3.     Selanjutnya akan muncul menu drop-down yang berisi kotak-kotak. Nah, seret kursor mouse Anda dari kotak kiri atas untuk memilih jumlah kolom dan baris yang Anda inginkan. Sesuaikan jumlah kotak yang berwarna jingga agar sesuai dengan keinginan Anda. Contoh, jika Anda hendak membuat tabel dengan 6 kolom dan 6 baris seperti pada gambar di bawah, maka Anda menyeret kursor mouse dari kotak kiri atas ke 6 kotak dari kiri dan 6 kotak dari atas.
4.     Untuk mengkonfirmasi jumlah kolom dan baris yang Anda kehendaki, lepaskan jari Anda dari tombol kiri mouse. Selanjutnya, tabel akan muncul dengan jumlah kolom dan baris sesuai kehendak Anda.
5.     Untuk memasukkan teks ke dalam tabel, tempatkan kursor teks di setiap kotak, baru deh Anda bisa mulai mengetik.
B.   Memodifikasi Tabel
a.       Menambahkan baris atau kolom
·        Arahkan kursor mouse Anda di luar tabel yang ingin Anda tambahkan baris atau kolom. Atau klik kanan tabel, lalu pilih Insert untuk melihat berbagai pilihan baris dan kolom. Anda bisa memilih untuk menambahkan kolom di kiri atau kanan kotak, serta menambahkan baris di atas atau bawah kotak yang Anda klik.
·        Dan jadilah sebuah baris atau kolom baru yang ditambahkan ke dalam tabel.
b.      Menghapus baris atau kolom
·        Tempatkan kursor teks di baris atau kolom yang ingin Anda hapus.
·        Klik kanan, lalu pilih “Delete Cell”
·        Lalu, sebuah kotak dialog akan muncul. Anda bisa memilih “Delete entire row” untuk menghapus satu baris atau “Delete entire column” untuk menghapus satu kolom, kemudian klik OK.
c.       Menerapkan gaya pada tabel
·        Klik kotak mana saja di tabel Anda, lalu klik tab “Design” pada ribbon “Table Tools”.
·        Cari bagian “Table Styles”, lalu klik drop-down “More” untuk melihat daftar lengkap dari gaya-gaya yang tersedia.
·        Pilih gaya tabel yang diinginkan.

d.      Mengubah pilihan gaya tabel
·        Klik pada kotak mana saja di tabel Anda, lalu pilih tab “Design” pada menu bar.
·        Cari bagian “Table Style Options”, kemudian centang atau hapus centang dari opsi yang dikehendaki.
C.   Menggunakan Rumus Pada Tabel
Menyisipkan rumus di sel tabel:
1.     Pilih sel tabel tempat Anda ingin meletakkan hasil. Jika sel tidak kosong, hapus isinya.
2.     Di Alat Tabel, tab Tata Letak, di grup Data, klik Rumus.
3.     Gunakan kotak dialog Rumus untuk membuat rumus Anda. Anda dapat mengetik di dalam kotak Rumus, pilih format angka dari daftar Format Angka, lalu tempelkan dalam fungsi dan bookmark menggunakan daftar Fungsi Tempel dan Tempel Bookmark.Memperbarui hasil rumus Di Word, hasil rumus dihitung ketika disisipkan, dan ketika dokumen yang berisi rumus terbuka. Di Outlook, hasil rumus hanya dihitung ketika disisipkan dan tidak akan tersedia bagi penerima email untuk diedit.
Anda juga dapat memperbarui secara manual:
a.     Hasil dari satu atau beberapa rumus tertentu
b.     Hasil dari semua rumus di tabel tertentu
c.      Semua kode bidang dalam dokumen, termasuk rumus
Memperbarui hasil dari rumus tertentu
1.     Pilih rumus yang ingin Anda perbarui. Anda dapat memilih beberapa rumus dengan menahan tombol CTRL ketika membuat pilihan.
2.     Lakukan salah satu hal berikut ini:
·        Klik kanan rumus, lalu klik Perbarui bidang.
·        Tekan F9.
Memperbarui semua hasil rumus dalam tabel
·        Pilih tabel yang berisi hasil rumus yang ingin Anda perbarui, kemudian tekan F9.

Memperbarui semua rumus dalam dokumen

·        Tekan CTRL+A.
·        Tekan F9.
Contoh: Menjumlahkan angka dalam tabel menggunakan argumen posisi. Anda dapat menggunakan argumen posisi (LEFT, RIGHT, ABOVE, BELOW) dengan fungsi ini: AVERAGE, COUNT, MAX, MIN, PRODUCT, SUM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar